New Project (24)

Food Grade

New Project (25)

Garansi Seumur Hidup

New Project (26)

Bahan Plastik Ramah Lingkungan

Mau punya penghasilan tambahan

Yuk! Bergabung menjadi Reseller Indoware 

Daftarkan diri Anda sekarang juga!

Testimonial

free

Gratis Ongkos Kirim
Untuk Pembelian Paket Reseller Gold atau Silver

every

Pengiriman
untuk Indonesia dan Malaysia

cs

Layanan Konsumen
021-8938-4144

Begini Cara Membersihkan Wadah Makanan Dari Plastik yang Benar, Apa Saja?

Wadah makanan plastik seperti tempat lauk pauk sebenarnya tidak mudah pecah. Sayangnya, wadah makanan seperti tempat lauk plastik gampang kotor dan sulit dibersihkan, terutama saat digunakan untuk menyimpan lauk pauk yang memiliki rasa dan warna pekat. Tempat lauk plastik bisa sangat kotor, misalnya terdapat noda berwarna bekas saus, bumbu asam, dan makanan lain yang berwarna pekat. Agar tempat lauk pauk selalu terlihat baru, ada beberapa opsi untuk membersihkan wadah makanan dari plastik yang bisa dicoba.

Read More

Mencuci Wadah Makanan
Sebelum menghilangkan noda dari tempat lauk pauk berbahan plastik, penting untuk membersihkan semua sisa makanan lebih dulu. Bahan paling penting untuk membersihkan wadah makanan dari plastik yaitu air hangat. Tak perlu terlalu panas, cukup yang hangat saja.

Air terlalu panas bisa melepuhkan permukaan wadah makanan, tapi ini tak akan terjadi jika memakai tempat lauk plastik buatan Indoware. Wadah ini sangat tahan lama dan tidak mudah pecah karena dibuat dari material terbaik sehingga bisa digunakan untuk waktu lama. Material plastik yang digunakan adalah food grade dan BPA free yang sudah terbukti aman karena makanan tidak terkontaminasi bahan kimia dari plastik bahkan jika dimasukkan dalam keadaan panas. Wadah makanan dari Indoware juga mudah dibersihkan, baik dengan tangan atau mesin cuci.

Bagaimanapun cara membersihkan yang dipilih, sebaiknya siram dengan air hangat sebelum dicuci. Jika diurutkan menjadi seperti ini: buang makanan sisa dari tempat lauk plastik, lap dengan tisu, siram atau rendam dengan air hangat, lalu mulai proses mencuci dengan menggunakan busa halus.

Wadah makanan yang Tergores
Jika ternyata tempat lauk pauk memiliki bekas goresan akibat pisau atau garpu, sangat mungkin bakteri mengendap sehingga proses pembersihan biasa tak akan cukup. Untuk membersihkan kotoran berupa bekas goresan, tenggelamkan wadah makanan ke dalam wadah lebih besar lalu rendam. Berikan beberapa tetes disinfektan dengan perbandingan air sesuai yang tertera dalam label. Ini bisa dilihat dari petunjuk penggunaan dalam label produk. Biarkan wadah makanan terendam selama mungkin sesuai dengan rekomendasi penggunaan lalu bersihkan seperti biasa.

Menghilangkan Noda
Noda pada tempat lauk pauk biasanya menjadi terlebih terlihat setelah wadah makanan dicuci normal. Untuk menghilangkan noda semacam ini, diperlukan beberapa langkah ekstra. Ada beberapa cara yang bisa dicoba, cukup pilih paling mudah lalu mulai proses pembersihan dari sini.

Jemur Wadah Makanan Di Bawah Matahari
Sama seperti saat matahari menyamarkan warna hitam pada rambut, konsep yang sama bisa diterapkan saat ingin membersihkan tempat lauk plastik. Jemur wadah makanan minimal dua jam dan noda biasanya akan menghilang dengan sendirinya. Selalu ingat agar mencuci lagi setelah proses penjemuran selesai, dan jangan biarkan wadah makanan tetap di luar jika hujan akan turun. Jika tak memiliki tempat untuk menjemur di luar ruangan, meletakkan tempat lauk pauk di dekat jendela merupakan opsi lain yang bisa diambil.

Gunakan Pemutih
Jika menjemur tempat lauk pauk di bawah matahari langsung masih kurang berhasil, gunakan pemutih khusus untuk mencuci wadah makanan tersebut. Sangat mungkin dikatakan, memakai pemutih merupakan salah satu cara terbaik untuk mengurangi tampilan noda. Saat memakai metode ini, gunakan dua jenis air berbeda, satu berisi pemutih dan satu lagi air hangat. Rendam tempat lauk plastik ke dalam air berisi pemutih setengah jam. Setelah itu siram dengan air hangat (jangan terlalu panas) untuk menghilangkan bekas pemutih lalu cuci wadah makanan seperti biasa. Gunakan busa berbahan lembut lalu segera keringkan wadah makanan untuk melihat hasilnya. Berhati-hatilah saat memakai pemutih. Pastikan untuk memakainya di area terbuka dan sarung tangan karet untuk mencegah tangan terluka.

Oksidasi
Oksidasi merupakan proses pelepasan senyawa tertentu, dalam hal ini noda yang menempel di wadah makanan. Keunggulan oksidasi dalam membersihkan noda pada tempat lauk pauk tak perlu diragukan lagi. Metode ini bisa dipraktikkan siapapun, bahkan dengan bahan rumahan seperti pasta gigi. Tinggal buat rendaman air panas yang dicampur dengan pasta gigi lalu tempatkan tempat lauk plastik di dalamnya. Biarkan selama 10 menit lalu cuci dengan normal lagi. Hasilnya akan lebih baik lagi jika memakai bahan khusus pembersih berupa cairan oksidasi lalu ikuti petunjuk pemakaian.

Air Cuka
Meski sudah dicuci bersih, kadang muncul warna putih di wadah makanan. Kondisi ini sering disebut disebut sebagai deposit mineral, dan satu-satunya cara menghilangkannya yaitu dengan air cuka. Teteskan air cuka ke residu lalu biarkan setidaknya satu jam. Sekitar satu jam kemudian residu akan terlepas dengan sendirinya. Jika pun belum, ulangi langkah tersebut beberapa kali sampai residu hilang sepenuhnya.

Baking Soda
Pada kasus tempat lauk pauk masih mengeluarkan bau meski sudah dicuci berkali-kali, coba bersihkan dengan baking soda. Gunakan campuran satu sendok teh baking soda dan air satu gelas lalu usapkan bahan tersebut ke semua permukaan tempat lauk plastik.

Memang tak mudah menjaga wadah makanan seperti tempat lauk plastik agar tetap bagus. Tapi dengan memilih tempat lauk pauk yang tepat seperti yang disediakan Indoware, beberapa masalah tersebut bisa dihindari karena bahan yang digunakan memiliki kualitas tinggi.

Show Less