New Project (24)

Food Grade

New Project (25)

Garansi Seumur Hidup

New Project (26)

Bahan Plastik Ramah Lingkungan

Mau punya penghasilan tambahan

Yuk! Bergabung menjadi Reseller Indoware 

Daftarkan diri Anda sekarang juga!

Testimonial

free

Gratis Ongkos Kirim
Untuk Pembelian Paket Reseller Gold atau Silver

every

Pengiriman
untuk Indonesia dan
Malaysia

cs

Layanan Konsumen
021-8938-4144

Apa Saja Kriteria Memilih Mainan yang Bagus untuk Anak?

Semua anak pasti suka mainan, dan orangtua pasti rela bekerja keras demi memberi mainan anak yang layak. Tapi yang menjadi persoalan, beberapa orangtua belum paham sepenuhnya tentang mainan jenis apa yang seharusnya diberikan pada anak.

Sebenarnya, ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi orangtua saat ingin memberi mainan pada anak. Misalnya, mainan tersebut harus bisa memberi aspek edukasi, jadi bukan hanya dimanfaatkan sebagai mainan saja. Contoh yang tepat seperti puzzle hijaiyah atau puzzle angka dan huruf.

Mainan edukasi dapat menunjang perkembangan pola pikir anak, terutama dalam usia emas. Mainan puzzle angka dan huruf seperti ini bisa didapatkan di Indoware, salah satu pusat toko mainan online terpercaya. Selain puzzle angka dan huruf, Indoware juga menyediakan puzzle hijaiyah.

Lantas, apa saja kriteria memilih mainan anak yang ideal?

Read More

Bersifat Edukatif
Mainan memang dimaksudkan untuk menghibur anak, tapi tak ada yang bisa didapat anak jika hanya main saja. Jauh lebih baik kalau orangtua memberi mainan yang bersifat edukatif. Dengan demikian, anak bisa puas main tapi di sisi lain kemampuan otaknya juga meningkat. Satu contoh, orangtua bisa memberi mainan puzzle hijaiyah yang diproduksi Indoware. Puzzle hijaiyah seperti ini akan menuntut anak agar lebih sering menggunakan otak untuk mengingat tiap huruf. Dalam kata lain, anak bisa belajar mengingat dan memproyeksikan tiap huruf dalam otaknya.

Selain puzzle hijaiyah atau puzzle angka dan huruf, orangtua juga bisa memberi mainan yang dapat mengeluarkan suara hewan atau lagu anak. Mainan seperti ini bukan saja bisa menghibur anak, tapi juga mampu mengajari sesuatu yang penting di waktu yang sama.

Sesuai Umur
Perusahaan dan distributor mainan, seperti Indoware, mengkategorikan mainan dalam beberapa klasifiksi. Ada sejumlah alasan kenapa harus dibuat kategori berbeda, dan ini tak terkait sama sekali dengan aktivitas marketing. Alasan utamanya yaitu terkait sisi keamanan. Mainan untuk anak lebih muda, atau bayi dalam hal ini, harus bebas dari kemungkinan tertelan dan berbagai risiko lain. Ini membuat mainan aman untuk dimainkan anak kecil sekaligus mudah dijaga karena punya ukuran yang cukup besar. Alasan lain kenapa harus memilih mainan sesuai umur yaitu terkait fungsi edukasi. Anak berumur 2 tahun perlu banyak belajar untuk mengembangkan kemampuan berbeda daripada anak di bawah 2 tahun. Misalnya dengan puzzle hijaiyah atau puzzle angka dan huruf, anak bisa mendapat bekal sebelum masuk PAUD.

Tahan Lama
Kriteria mainan anak yang baik yaitu tak mudah pecah. Memang benar bahwa mainan anak seringnya pecah dan hampir sulit menjaga mainan bisa bertahan dalam waktu lama. Tapi seandainya orangtua mau bersabar untuk memilih mainan yang tepat, mainan bisa bertahan lama. Misalnya, puzzle hijaiyah atau mainan yang terbuat dari kayu pasti lebih tahan lama. Dan jika orangtua mau memilih mainan berbahan tahan lama, ada sejumlah uang yang bisa dihemat dalam jangka waktu lama. Jangan sampai ruangan penuh mainan rusak hanya karena tak mengindahkan kriteria ini.

Talenta, Minat dan Bakat
Mainan yang diberikan pada anak harus berkaitan dengan daya tarik serta minat bakat anak. Jika punya anak yang mempunyai kecenderungan menyusun atau mencocokkan sesuatu, mainan seperti puzzle angka dan huruf sangat tepat diberikan. Begitu juga dengan puzzle hijaiyah. Dalam hal ini, orangtua harus mampu mengobservasi area di mana anak memiliki keunggulan lalu memberi stimulus lewat mainan edukatif layaknya puzzle hijaiyah atau puzzle angka dan huruf. Memberi mainan yang sesuai kemauan bisa memicu anak mengembangkan kemampuan spesifik.

Jangan Memberi Mainan Hanya Karena Suka
Sayangnya, banyak orangtua memberi mainan anak hanya berdasarkan perspektif mereka. Beberapa bahkan membelikan mainan anak karena mereka tak mendapat mainan serupa saat masih kecil, atau mereka asal memberi mainan edukasi dan berharap mendapat manfaatnya.

Semua pendekatan tersebut hanya membuat orangtua bahagia, tapi tidak dengan anak. Bahkan meski orangtua paham mainan seperti apa yang diperlukan untuk mendukung perkembangan anak, cobalah untuk menemukan keselarasan antara fungsi dan ketertarikan dari produk mainan tertentu. Terkhusus untuk mainan edukasi, Indoware menyediakan puzzle angka dan huruf yang bisa membantu anak belajar mengenali angka dan huruf dengan cara yang lebih menarik. Selain puzzle angka dan huruf, mainan edukasi lain yang disediakan Indoware yaitu puzzle hijaiyah.

Show Less