Jaga Diri Anda! Konsumsi vitamin kekebalan tubuh yang bagus

Vitamin C untuk kekebalan tubuh sangat penting bagi manusia karena kandungan antioksidannya. Mengkonsumsi vitamin C untuk kekebalan tubuh merupakan salah satu cara yang dianjurkan dan direkomendasikan oleh ahli kesehatan. Kekebalan tubuh yang baik akan mampu menangkal virus corona. Orang yang kekurangan vitamin C beresiko lebih rentan terhadap infeksi. Selain vitamin C untuk kekebalan tubuh, zat ini juga berperan sebagai antimikroba yang melawan bakteri penyebab infeksi.

Vitamin c untuk kekebalan tubuh

 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa vitamin C merupakan vitamin kekebalan tubuh yang bagus, fungsinya dapat memperbaiki gejala infeksi akut pada penderita infeksi pernapasan. Selain mampu meningkatkan kekebalan tubuh,mengkonsumsi vitamin C secara rutin dapat dipercaya mampu mengembalikan kadar vitamin C dalam tubuh.

Setelah mengetahui manfaat Vitamin C untuk kekebalan tubuh yang sangat baik, berikut ini beberapa daftar makanan yang mengandung banyak vitamin C.

  • Jambu biji: Vitamin C yang terkandung dalam satu buah jambu biji adalah 126 mg
  • Jeruk : Vitamin C yang terkandung dalam satu buah jeruk adalah 70 mg
  • Kiwi : Vitamin C yang terkandung dalam satu buah kiwi ukuran sedang adalah 71 mg
  • Pepaya : Vitamin C yang terkandung dalam satu cangkir pepaya adalah 87 mg
  • Kubis : Vitamin C yang terkandung dalam setengah cangkir kubis adalah 49 mg
  • Stroberi : Vitamin C yang terkandung dalam satu cangkir stroberi adalah 89 mg
  • Lemon : Vitamin C yang terkandung dalam satu buah lemon mentah adalah 83 mg
  • Parsley : Vitamin C yang terkandung dalam 2 sdm parsley adalah 10 mg
  • Brokoli : Vitamin C yang terkandung dalam setengah cangkir brokoli masak adalah 51 mg
  • Blackcurrant: Vitamin C yang terkandung dalam satu setengah cangkir blackcurrant adalah 101 mg
  • Kale: Vitamin C yang terkandung dalam secangkir kale mentah adalah 80 mg

Meski vitamin C mengandung banyak manfaat, tetap saja tidak baik jika kita mengonsumsi vitacim c untuk kekebalan tubuh secara berlebihan. Bahkan kebutuhan harian vitamin C setiap manusia berbeda-beda, bergantung pada usia dan jenis kelaminnya. Berikut ini adalah konsumsi vitamin C harian yang direkomendasikan :

  • Bayi (0-6 bulan): rekomendasi asupan vitamin C harian adalah 40 mg
  • Bayi (7-12 bulan): rekomendasi asupan vitamin C harian adalah 50 mg
  • Anak-anak (1-3 tahun): rekomendasi asupan vitamin C harian adalah 15 mg
  • Anak-anak (4-8 tahun): rekomendasi asupan vitamin C harian adalah 25 mg
  • Anak-anak (9-13 tahun): rekomendasi asupan vitamin C harian adalah 45 mg
  • Remaja (14-18 tahun): rekomendasi asupan vitamin C harian adalah 75 mg (laki-laki) dan 65 mg (perempuan)
  • Dewasa: rekomendasi asupan vitamin C harian adalah 90 mg (pria) dan 75 mg (wanita)
  • Ibu hamil: rekomendasi asupan vitamin C harian adalah 80 mg (kurang dari 18 tahun) dan 85 mg (lebih dari 18 tahun)
  • Ibu menyusui: rekomendasi asupan vitamin C harian adalah 115 mg (kurang dari 18 tahun) dan 120 mg (lebih dari 18 tahun)

Vitamin kekebalan tubuh yang bagus

 

Selain vitamin C, vitamin kekebalan tubuh yang bagus adalah vitamin E. Vitamin E merupakan senyawa yang larut dalam lemak dan memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Banyak penelitian telah membuktikan jika vitamin E merupakan vitamin kekebalan tubuh yang bagus dan sangat potensial untuk meningkatkan resistensi terhadap infeksi. Menurunnya sistem imun pada tubuh sering kali dikaitkan dengan kurangnya asupan harian vitamin kekebalan tubuh yang bagus seperti vitamin E. Karena itulah, untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sebaiknya kita rutin mengkonsumsi vitamin E sebagai vitamin kekebalan tubuh yang bagus bagi tubuh.

Setelah mengetahui manfaat vitamin kekebalan tubuh yang bagus seperti vitamin E, berikut ini beberapa daftar makanan yang mengandung banyak vitamin E.

  • Kuaci: Vitamin E yang terkandung dalam 100 gram kuaci adalah 35,17 mg
  • Almond: Vitamin E yang terkandung dalam 100 gram almond adalah 25,63 mg
  • Kacang tanah: Vitamin E yang terkandung dalam 100 gram kacang tanah panggang kering adalah 4,93 mg
  • Alpukat: Vitamin E yang terkandung dalam 100 gram alpukat adalah 2,07 mg
  • Bayam: Vitamin E yang terkandung dalam 100 gram bayam mentah adalah 2,03 mg
  • Minyak biji gandum: Vitamin E yang terkandung dalam minyak biji gandum 20,32 mg

Sama halnya dengan vitamin C, vitamin E juga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Berikut ini adalah konsumsi vitamin E harian yang direkomendasikan :

  • Anak-anak (1-3 tahun): rekomendasi asupan vitamin E harian adalah 6 mg
  • Anak-anak (4-8 tahun): rekomendasi asupan vitamin E harian adalah 7 mg
  • Anak-anak (9-13 tahun): rekomendasi asupan vitamin E harian adalah 11 mg
  • Remaja dan dewasa (14 tahun ke atas): rekomendasi asupan vitamin E harian adalah 15 mg
  • Ibu hamil: rekomendasi asupan vitamin E harian adalah 15 mg
  • Ibu menyusui: rekomendasi asupan vitamin E harian adalah 19 mg

Anda bisa mengkonsumsi makanan-makanan tersebut untuk memenuhi kebutuhan vitamin C untuk kekebalan tubuh dan vitamin kekebalan tubuh yang bagus seperti vitamin E. Pastikan untuk tidak kekurangan asupan kedua vitamin tersebut. Tetap jaga kesehatan dengan rajin mengonsumsi vitamin kekebalan tubuh yang baik. Selamat Mencoba!

Leave a comment