Ini Cara Yang Benar Untuk Membersihkan Dan Menghilangkan Bau Pada Botol Minum

Apakah Anda sering membawa botol untuk saat berpergian? Jika iya, maka sangat penting untuk mengetahui cara menjaga kebersihan botol dengan benar. Botol yang sering digunakan biasanya jarang dibersihkan secara benar bahkan sebagian orang membiarkan botol yang sering digunakan berada dalam kondisi lembab. Botol yang tidak dibersihkan dengan cara yang benar akan membuat bakteri di botol minuman lebih tahan lama hingga berkembang biak. Karena itulah kita tidak boleh meremehkan kebersihan botol minuman yang sering kita gunakan meski hanya diisi air mineral saja.

Banyak cara menghilangkan bau pada botol minum yang bisa Anda lakukan. Sebaiknya bersihkan botol minimal setiap dua hari sekali agar terhindar dari bakteri yang menumpuk di dalamnya. Untuk mencapai bagian sela-sela di dalam botol secara keseluruhan Anda bisa menggunakan bantuan sikat botol. Selain menggunakan sikat botol, Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan yang mudah ditemukan di dapur seperti cuka maupun cairan yang digunakan ibu rumah tangga lainnya.

Namun, hal lain yang perlu Anda perhatikan sebelum memakai ulang botol plastik adalah memeriksa terlebih dahulu kondisi fisik dari botol tersebut. Botol yang memiliki banyak goresan lebih banyak berpotensi sebagai tempat bersembunyinya bakteri di botol minuman. Sebaiknya jika botol Anda sudah memiliki banyak goresan segeralah menggantinya dengan botol yang baru. Supaya botol minum yang Anda gunakan terhindar dari bakteri, Yuk! Simak salah satu cara menghilangkan bau pada botol minum berikut ini :

Cara membersihkan botol menggunakan air panas dan sabun,

  • Masukkan air panas secukupnya pada botol yang akan dibersihkan, air panas ini berfungsi untuk membilas sehingga Anda tidak perlu mengisinya sampai penuh.
  • Guncang-guncangkan seluruh bagian botol hingga bagian dalamnya tersiram air panas hingga ke bagian tutup botolnya. Buang air panas yang telah digunakan untuk membilas dan sisakan sedikit saja.
  • Masukkan beberapa tetes sabun cuci piring cair ke dalam botol.
  • Gunakan sikat botol untuk membersihkan seluruh bagian dalam  botol hingga bagian sudut-sudut yang susah terjangkau.
  • Buang air sabunnya dan bilas hingga tidak ada buih tersisa atau terbentuk ketika botol diisi air.
  • Posisikan botol dalam keadaan telungkup di rak agar lebih cepat kering dan tiris.
  • Bilas lagi sebelum mengisinya dengan air minum.

Untuk memudahkan Anda dalam membersihkan botol minum, pilihlah Brush Botol yang didesain ergonomis sehingga dapat membersihkan semua bagian botol hingga ke sela-sela seperti produk sikat botol kuning dari merek stormore yang ada di website indoware.co.id. Sikat botol ini sangat aman dan nyaman digunakan sehari-hari. Dengan tutup sikat dan tali strap membuat botol ini lebih higienis dari udara terbuka. Sikat botol yang kami jual memiliki bentuk gagang yang kokoh dan fleksibel saat digenggam membuat Anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga saat membersihkan botol. Kegiatan membersihkan botol minum pun akan lebih mudah, cepat dan bersih sehingga bakteri di botol minuman akan hilang.

Cara sterilisasi botol plastik ( Anda bisa melakukan cara ini dalam jangka waktu 1 kali dalam seminggu untuk botol minum):

  • Campurkan  4 liter air,  1 sendok teh bubuk soda kue dan 1 sendok teh sabun cair.
  • Masukkan larutan yang telah dibuat tersebut ke dalam botol, lalu tutup botol dan guncang-guncangkan hingga larutan mengenai seluruh permukaan dalam botol.
  • Diamkan beberapa menit lalu bersihkan bagian mulut dan tutup botol
  • Buang larutan dan bilas secara sempurna hingga semua residu cairan pembersih hilang dan baunya lenyap.
  • Telungkupkan botol dirak untuk meniriskan dan mengeringkannya
  • Sebelum mengisi air, sebaiknya dibilas terlebih dahulu

Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan berikut ini untuk cara menghilangkan bau pada botol minum. Bahan tersebut adalah cuka dan cairan bleaching yang tidak terlalu keras. Cuka merupakan pembersih alami yang efektif untuk membunuh berbagai jenis bakteri dan kuman. Namun saat ini cuka sudah tidak efektif untuk membunuh virus. Cara menghilangkan bau pada botol minum menggunakan cuka adalah dengan mengisi botol minum dengan air hangat dan sabun cair lalu masukkan cairan cuka putih dalam botol. Selanjutnya, campurkan dengan air dingin. Untuk hasil yang maksimal diamkan botol minum selama satu malam, lalu dibilas saat keesokan harinya. Pastikan Anda membersihkannya dengan benar karena cuka dan cairan bleching yang Anda gunakan bisa menimbulkan rasa lain pada air yang sudah Anda tuangkan ke botol.

Cairan bleaching sering digunakan untuk membersihkan bakteri di botol minuman, agar tidak berbahaya gunakan cairan yang bleaching yang tidak terlalu keras. Untuk membersihkan mainan bayi dari kuman dan bakteri biasanya sebagian besar ibu-ibu juga menggunakan cairan bleaching.  Cara menghilangkan bau pada botol minum menggunakan cairan bleaching adalah dengan memasukkan satu sendok cairan bleaching kemudian campurkan dengan air. Guncang-guncangkan hingga mengenai seluruh permukaan botol dan diamkan selama dua menit. Bilas dan bersihkan botol hingga kering.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau pada botol minum yang benar sehingga bakteri di botol minuman  hilang. Untuk memudahkan kegiatan mencuci botol minum Anda, sebaiknya gunakan sikat botol yang telah kami rekomendasikan diatas.

Leave a comment