Cari Tahu! Wadah Aneka Kue Kering Agar Tetap Awet

Lebaran memang masih cukup lama. Meski demikian, berbagai persiapan sudah mulai dilakukan. Misalnya saja seperti persiapan mudik dengan kereta. Bahkan mungkin ada juga yang sudah mulai memikirkan aneka kue kering yang akan dijadikan oleh-oleh ataupun disajikan pada waktu hari raya nanti.

Untuk menyajikan aneka kue kering, tentu Anda tidak bisa melakukannya begitu saja. Butuh wadah kue yang tepat agar kue dan keripik yang telah dipersiapkan di hari raya tetap terlindungi dan tidak cepat melempem ataupun berubah menjadi lembek.

Dilihat dari bahan yang digunakan, setidaknya ada 4 jenis toples yang tersedia di pasaran. Setiap jenis toples memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika Anda berencana untuk membeli wadah kue, berikut beberapa jenis toples yang perlu Anda ketahui.

1. Toples Plastik

Bahan plastik telah lama dijadikan sebagai wadah makanan. Dari segi harga, material plastik juga relatif lebih murah dibandingkan dengan bahan-bahan lain seperti kaca. Jadi tidak mengherankan jika toples plastik begitu populer di kalangan masyarakat luas dan kerap dimanfaatkan untuk memajang aneka kue kering.

Sesuai dengan namanya, toples plastik ini terbuat dari bahan plastik. Karakternya yang mudah dibentuk membuat wadah kue yang satu ini tersedia dalam beragam bentuk dan ukuran. Mulai dari bentuk persegi, persegi panjang, lingkaran, oval hingga segi lima, semua bisa dipilih sesuai selera.

Dari segi harga, toples plastik dibanderol cukup murah. Tapi perlu dicatat. Tidak semua toples plastik benar-benar aman digunakan. Jika Anda ingin menggunakannya sebagai wadah kue atau makanan lainnya, pastikan bahwa plastik yang digunakan memang aman untuk makanan.

Aman atau tidaknya toples plastik wadah kue bisa dilihat dari jenis plastik yang digunakan. Anda juga bisa memeriksanya dari label yang ada pada toples tersebut. Jika plastik yang digunakan tergolong BPA Free, Anda bisa menggunakannya tanpa perlu merasa khawatir.

2. Toples Mika

Jika dilihat secara sepintas, toples mika ini terlihat mirip dengan toples plastik. Karakteristik plastik dan mika memang cukup mirip. Hanya saja, toples mika cenderung lebih mudah pecah jika dibandingkan dengan toples plastik.

Toples mika sendiri cukup sering digunakan sebagai tempat untuk menyimpan aneka kue kering. Toples ini juga memiliki tampilan yang cukup menarik. Bentuk dan kapasitasnya juga beragam, mulai dari ¼ kg hingga ½ kg.

Karena harganya yang cukup terjangkau, toples mika kerap dijadikan pilihan alternatif sebagai wadah makanan. Bahan ini juga cukup aman digunakan.

3. Toples Kaca

Cantik, kokoh dan elegan, toples kaca memang memiliki itu semua. Dari segi tampilan, toples ini terlihat menarik. Warnanya juga cukup beragam. Meski lebih sering hadir dengan warna bening, toples kaca juga kerap hadir dengan varian warna lain. Sifatnya yang bening membuat aneka kue kering yang disimpan di dalam toples kaca terlihat jelas. Hal ini membuatnya semakin sempurna sebagai dekorasi meja ruang tamu.

Meski terbuat dari bahan yang rentan pecah, toples kaca umumnya memiliki ketebalan yang cukup tinggi. Saat dipegang, wadah kue yang satu ini terasa kokoh dan jauh dari kata ringkih. Karakternya yang cukup kuat juga membuat toples kaca memiliki daya tahan yang cukup tinggi dan awet.

4. Toples Kristal

Sebenarnya toples kristal ini memiliki banyak kemiripan dengan toples kaca. Material penyusunnya juga sama, yakni kaca. Namun sebagai wadah kue, toples kristal memiliki tampilan yang lebih mengkilap dan lebih mewah.

Toples kristal juga kerap hadir dengan beberapa aksen tambahan di permukaannya. Aksen tersebut membuat tampilan toples terlihat semakin menarik dan elegan. Bahannya yang bening juga membuat aneka kue kering yang ada di dalam toples terlihat lebih menggugah selera.

Meski terbuat dari material kaca, toples kristal terbilang cukup kuat. Kaca yang digunakan juga tebal. Inilah yang membuatnya awet dan tahan lama. Dari segi perawatan, wadah kue yang satu ini juga terbilang mudah dibersihkan. Tidak sulit untuk membersihkannya dari debu yang menempel. Anda bahkan bisa membersihkannya cukup berbekal kain basah saja.

Biasanya, toples kristal dijual dalam satu set. Sayangnya, banderol harga toples ini tidak bisa dibilang murah. Anda harus mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk mendapatkan wadah kue yang satu ini.

Kesimpulan

Meski keempat jenis toples di atas sama-sama bisa digunakan sebagai wadah kue, perbedaan bahan yang digunakan menentukan banyak hal. Jika Anda menginginkan toples yang harganya terjangkau, toples plastik bisa menjadi pilihan ideal. Namun jika menginginkan tampilan yang menarik, toples kristal jelas yang terbaik.

Saat memilih toples, pastikan bahan yang digunakan benar-benar aman untuk makanan. Dalam hal ini, toples kaca dan toples kristal memang lebih unggul. Meski demikian, saat ini toples plastik juga sudah banyak yang BPA free. Toples ini juga dijamin aman untuk menyimpan aneka kue kering ataupun keripik lebaran.

Leave a comment