Apa itu BPA Free? Cari Tahu Pentingnya BPA Free untuk Kesehatan

Apa itu BPA Free? Cari Tahu Pentingnya BPA Free untuk Kesehatan

BPA-Free-adalaha

Logo BPA Free (Sumber: freepik.com)

Apa itu BPA free? Saat berbelanja produk yang terbut dari plastik seperti botol minum, tempat makan, hingga mainan anak, Anda mungkin sering membaca keterangan bahwa produk tersebut bebas BPA atau BPA free. Namun, apakah Anda tahu apa itu BPA free sebenarnya? Yuk cari tahu lebih dalam mengenai istilah yang satu ini serta apa hubungannya dengan kesehatan!

Pengertian BPA Free

BPA atau Bisphenol A (Sumber: plasticmedicalnews.com)

Sesuai dengan namanya, BPA free adalah bebas dari zat BPA. Apa yang dimaksud dengan BPA? Kepanjangan BPA adalah bisphenol_A. Zat kimia ini umumnya ditemukan pada produk plastik polikarbonat. Penggunaan zat kimia ini dimaksudkan agar produk tersebut tahan lama dan tidak mudah bocor.

Penggunaan BPA mulai populer sejak dikenalkan pada tahun 1975. Para produsen produk plastik menyukai zat kimia ini berkat daya tahannya yang tidak mudah terbakar, multifungsi, serta merupakan isolator yang baik. Dengan penggunaan BPA, produk plastik seperti botol ataupun kotak bekal terbilang tahan lama atau awet. Namun,  beberapa penelitian dalam dunia kesehatan menyatakan bahwa BPA ternyata berdampak negatif pada kesehatan tubuh. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk menggunakan produk dengan label BPA Free untuk alasan kesehatan jangka panjang. Pastikan Anda tahu! produk dengan label BPA Free adalah produk yang tidak mengantung zat BPA sehingga lebih aman dan juga awet.

Dampak Negatif BPA


Produk Botol Minum Stormore

Pengetahuan tentang BPA free adalah dasar yang sangat penting bagi kita semua. Selain mengetahui apa itu BPA free, Anda juga perlu mengetahui tentang dampak negatif BPA dan mengapa zat kimia ini tidak lagi dianjurkan untuk digunakan. Dengan membaca artikel ini tentu akan menjawab pertanyaan mengenai apa itu BPA free lebih lengkap.

Apa itu BPA Free umumnya dipergunakan pada produk plastik penyimpanan makanan dan minuman. BPA ini ternyata dapat meresap dan masuk ke dalam makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Melalui makanan tersebut, BPA akan masuk ke dalam tubuh, mengganggu fungsi hormone endokrin yang akhirnya menyebabkan gangguan kesehatan baik jangka pendek maupun panjang tanpa pilih-pilih usia. Artinya, siapa saja dapat menderita gangguan kesehatan baik pria, wanita, orang tua, anak-anak, bahkan bayi dalam kandungan.

Dampak negatif dari penggunaan produk BPA sendiri adalah:

Ancaman cacat pada janin. Hal ini dapat terjadi apabila sang ibu mengkonsumsi makanan yang mengandung BPA

1. Kanker payudara
2. Hiperaktif
3. Menyebabkan gangguan pada sistem saraf
4. Kegemukan itu sendiri menjadi sumber berbagai penyakit lainnya
5. Naiknya kadar gula yang dapat memicu penyakit diabetes
6. Memicu penyakit kanker
7. Mengancam kesehatan reproduksi, dan berbagai gangguan kesehatan lainnya

Produk BPA free adalah produk yang tidak mengandung bahan ini. Pengetahuan tentang apa itu BPA free dan dampak negatif dari penggunaan BPA akan menjadi dasar bagi Anda dalam memilih produk yang aman.

Pilah-pilih Produk BPA Free

apa-itu-bpa-free

Kode plastik yang aman dan tidak aman digunakan (Sumber: researchgate.net)

Berdasarkan informasi tentang apa itu BPA free maka saatnya untuk beralih ke produk yang aman dan bebas dari BPA. Produk BPA free adalah produk yang umumnya memiliki tanda atau ciri-ciri sebagai berikut:

1.  Memiliki label BPA free
2. Tidak bertuliskan kode berupa angka 3 dan 7 yang merupakan kode untuk Bisphenol-A atau turunannya
3. Berasal dari sumber terpercaya

Produk plastik yang mengusung label BPA free adalah produk yang tidak menggunakan BPA dan menggantinya dengan zat lain yang terbilang lebih aman untuk kesehatan. Alternatif dari BPA ini berupa Bisphenol-S (BPS) dan Bisphenol-F (BPF).

Sekarang Anda sudah lebih memahami apa itu BPA free. Pastikan untuk menggunakan produk yang benar-benar aman. Apabila Anda mengalami kesulitan dalam menemukan produk yang bebas BPA, ada beberapa cara lain yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisir dampak dan bahaya BPA seperti:

1. Menghindari panas baik dengan memasukkan makanan atau minuman panas, atau dengan tidak memanaskan makanan atau minuman dalam bahan plastik yang bisa jadi memicu pelepasan BPA. Pergunakan wadah lain seperti aluminum atau kaca tahan panas untuk memasak atau memanaskan makanan

2. Tidak lagi menggunakan botol plastik yang sudah tergores. Kotoran yang tersimpan dalam goresan-goresan lebih sulit dibersihkan dan bisa menjadi sarang bakteri. Untuk botol seperti ini sebaiknya diganti dengan produk baru untuk meminimalisir resiko

3. Lebih berhati-hati dalam memilih mainan anak karena anak-anak umumnya suka memasukkan mainan ke dalam mulut. Apabila mainan tersebut terbuat dari plastik yang mengandung BPA, maka BPA tersebut akan masuk ke dalam tubuh anak. Mainan BPA free adalah mainan yang lebih aman dan terbilang lebih tahan lama terlepas dari harganya yang lebih tinggi dari mainan biasa.

4. Menggunakan bahan alternatif selain plastik seperti kaca, porselen, dan stainless. Anda bisa mendapatkan aneka ragam produk bebas BPA di Indoware. Produk seperti kotak makan dan botol minum aneka ukuran, warna, bentuk, dan desain dijamin bebas BPA sehingga aman untuk Anda dan seluruh anggota keluarga.

Leave a comment